JEET KUNE DO

Sunday, March 22, 2009

mulai umur berapa sebaiknya belajar beladiri

pada usia berapa sih sebaiknya belajar beladiri? sering sekali para orang tua bertanya tentang hal ini, ketika meraka akan mendaftarkan anaknya untuk belajar beladiri. memang ada baiknya untuk mengenalkan beladiri pada anak anak sejak dini, trus di usaia berapakah?,

menurut para pakar kesehatan Umur 5-12 tahun. Banyak yang setuju, inilah usia paling pas untuk memperkenalkan olahraga yang kompetitif. termasuk beladiri, softball, sepakbola, basket, tenis dll. Ini karena keterampilan mereka berkembang, semakin sempurna, dan bahkan terkoordinasi dengan baik.

dan ada beberapa hal penting untuk diperhatikan yaitu: minat, bakat, serta program latihan yang sesuai untuk anak. Jangan sampai porsi latihan tidak sesuai usia dan perkembangan motorik si kecil. Bisa-bisa otot-ototnya cedera atau malah tidak berfungsi secara optimal kelak. Catatan: Pas untuk anak usia 7 tahun dan yang lebih besar lagi.

untuk si kecil sebaiknya berlatih cara pukulan dan tendangan, serta beberapa teknik serangan balik, tidak perlu terlalu banyak teknik, namun dengan penguasaan bentuk2 dasar tersebut akan menjadi modal utama, kelak di kemudian hari. karena hasil latihan tersebut akan terpatri sampai kelak dia dewasa.

dan bonusnya untuk si kecil yang berlatih bela diri, adalah: Otot dan tulang lebih kuat, tubuh lebih ramping, menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua, tekanan darah dan kolesterol lebih rendah, kualitas tidur lebih baik sehingga mudah konsentrasi dan menyerap pelajaran di sekolah, belajar berbagi, belajar berteman, mengembangkan rasa percaya diri, belajar bersaing secara sehat. dan tentu saja rasa percaya diri dan ketahanan mental yang lebih baik.

4 comments: